Sejarah Program Studi


23 Sep 2020, 10:03 Dandi Gumilar Dibaca : 1,088


SEJARAH PEMBENTUKAN PROGRAM STUDI

ILMU JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

 

Konferensi Nasional Perhimpunan Dokter Sesialis Jantung dan Pembuluh Darah pada tahun 2004 di Denpasar Bali merekomendasikan urgensi untuk dibentuknya pusat-pusat studi kardiovaskular baru di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis Jantung dan pembuluh darah di Indonesia, dimana pada rapat Kolegium Kardiovaskular tanggal 24 Februari 2004 Fakultas Kedokteran UNPAD ditunjuk sebagai salah satu calon pusat studi yang potensial.

Dengan berdasarkan surat Kolegium Kardiovaskular tanggal 9 November 2004, Rektor Universitas Padjadjaran pada tanggal 27 november 2004  mengeluarkan surat yang mendukung gagasan untuk melakukan persiapan dibentuknya Program Studi Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Kolegium Kardiovasklular dengan suratnya tanggal 10 Januari 2005 mensyaratkan adanya Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular untuk dapat menjadi pusat studi kardiologi dan kedokteran vaskular.

Untuk meyakinkan perlunya pembentukan departemen ini pertemuan-pertemuan dan presentasi pada bulan Februari 2005 dengan Rektor UNPAD [Prof. Dr. A. Himendra Wargahadibrata, SpAn(K)], Pembantu Rektor I  UNPAD [Prof. Ponpon Ijdradinata, SpA(K)], Dekan FK-UNPAD [dr. Eri Surachman, SpAn(K)], Direktur Utama RSHS [Prof. Cissy R. Kartasasmita, SpA(K)],  Kepala Bagian IPD [Prof. Rully M.A. Roesli, SpPD-KGH, serta presentasi didepan Staff senior Bagian Ilmu Penyakit Dalam, dan Komite Medik RSHS. Presentasi didepan staf senior Bagian Ilmu Penyakit Dalam juga dihadiri oleh Prof. Dede Kusmana, SpJP(K)[FKU]) dan Prof. Junus Alkatiri, SpPD SpJP(K)[UNHAS], yang mewakili Kolegium Kardiovaskular Indonesia yang juga melakukan visitasi kelayakan dibentuknya Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular di Fakulats Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Dari hasil pertemuan-pertemuan diatas, Rektor Universitas Padjadjaran akhirnya mengeluarkan  Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran Nomor 831/J06/Kep/KP/2005 tanggal 30 April 2005 tentang pembentukan Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, dan menunjuk dr. Eko Antono, SpPD, SpJP(K) dan dr. Erwinanto, SpJP(K) sebagai Kepala Departemen dan Sekretaris Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran UNPAD.

Dukungan dari semua pihak dari Pimpnan Universitas, Dekan FK UNPAD, Pimpinan RSHS, dan semua bagian terkait terutama bagian Ilmu Penyakit Dalam perlu untuk kita ingat dan syukuri. Secara khusus perlu dikemukakan disini agar kita tidak  pernah melupakan jasa dan dukungan yang luar biasa dari Prof. Dr. Abdullah Himendra Wargahadibrata, SpAn(K) selaku Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Dr.dr Ponpon Idjradinata, SpA(K) selaku Pembantu Rektor I Universitas Padjadjaran, dan Prof. Dr. dr. Rully M.A. Roesli, SpPD-KGH selaku Kepala Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran didalam pembentukan Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FK UNPAD.