World Heart Day Bandung


15 Feb 2017, 12:34 Yogi Ramdani Dibaca : 204


Ada yang berbeda dengan World Heart Day tahun 2015 ini. World Heart Day atau Hari jantung Sedunia jatuh pada tanggal 29 September setiap tahunnya. World Heart Day 2015 ini menegaskan bahwa “Heart Choices Not Hard Choice”, yaitu menciptakan suatu lingkungan yang sehat dan menetapkannya sebagai gaya hidup, sehingga tercipta dunia yang bebas penyakit kardiovaskular. Menciptakan lingkungan dan gaya hidup yang sehat bagi jantung adalah tugas generasi muda yang sehat, bukan hanya orang yang telah menderita penyakit jantung.

Tahun 2015 ini cukup spesial, dimana ini merupakan tahun pertama PERKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia) Bandung yang diketuai oleh dr Achmad Fauzi Yahya Sp.JP, turut berpartisipasi dalam World Heart Day. Tanggal 29 September 2015, dimulai sebagai pembukaan acara dan berlangsung di RS Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. Kegiatan ini mengambil sasaran para pegawai dan pasien RSHS, serta keluarganya, agar menciptakan lingkungan hidup yang sehat disekitarnya dengan diadakan seminar edukasi.

Kegiatan selanjutnya berpusat pada SMA 5 Bandung, pada tanggal 7 Oktober 2015. Kegiatan ini meliputi senam Body Combat bagi siswa siswi SMA, pemeriksaan kesehatan bagi guru-guru dan seminar kesehatan. Acara ini menekankan bahwa gaya hidup sehat hendaklah dimulai dari usia muda. Pada acara ini juga turut mengundang dokter Badai Bhatara Tiksnadi Sp.JP dan perwakilan dari Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT). Kenapa SMA? Murid SMA merupakan generasi muda penerus bangsa, dimana dengan perubahan perilaku menjadi perilaku hidup sehat, diharapkan akan memperbaiki masa depan Indonesia di masa yang datang.

Acara World Heart Day juga berlangsung off-air dan on-air, melalui program “Healthy Heart Radio & TV’’. Seminar bertajuk kesehatan ini bernara sumber dokter spesialis jantung, yaitu dokter M. Rizki Akbar Sp.JP, Badai Bhatara Tiksnadi Sp.JP dan Dini Rostianti Sp,JP, berlangsung di beberapa radio seperti 99ers, PR FM, K-Lite FM, Maestro FM dan stasiun televisi TVRI Bandung.

Tanggal 25 Oktober 2015, dipilih sebagai hari puncak acara dan juga sebagai penutupan rangkaian acara World Heart Day di Indonesia. Acara puncak mengambil tempat Car Free Day Dago, tepatnya di jalan Cikapayang. Acara yang dibuka oleh sambutan Bapak Gubernur, Ahmad Heryawan dan didampingi oleh Ibu Gubernur Netty Heriawan turut dihadiri oleh pejabat dunia kesehatan Jawa Barat, seperti Dinas Kesehatan Propinsi Bandung, RSHS, FK UNPAD, Yayasan Kantung Indonesia (YJI), BPJS dan dokter dari berbagai RS di Jawa Barat berlangsung sangat ramai. Melalui sambutannya, Bapak Gubernur atau yang akrab disapa Bapak Aher pun berpesan agar warga Jawa Barat menjaga kesehatan jantung dan menjauhi rokok, aksi ini ditandai dengan mematahkan rokok ukuran raksasa di stand WITT oleh Bapak Aher. Antusiasme peserta dan masyarakat Bandung terlihat jelas dari mulai mengikuti senam jantung sehat yang dikomandoi oleh instuktur dari YJI. Panasnya terik matahari, tidak menyurutkan antusiasme warga Bandung dalam mendengarkan talk show yang mengambil tema “Creating Healthy Heart Environment” menghadirkan nara sumber Ibu Netty Heriawan, dr Hj Alma Lucyati M.Kes, M.Si, MH.Kes, dr Achmad Fauzi Yahya Sp.JP, dr Badai B. Tiksnadi Sp.JP dan Ibu Layla Toriq dari WITT. Berbagi ilmu, sharing pendapat pun berlangsung interaktif antara warga dan panelis talk show. Grup musik Bimbo pun tidak mau melewati keceriaan di hari Minggu ini dengan menjadi bintang tamu dalam acara tersebut, beberapa lagu Bimbo sumbangkan dalam acara tersebut. Acara pun tidak lengkap tanpa adanya pawai kesehatan dan demo memasak. Pawai kesehatan ini berupa stand- stand yang berisikan informasi mengenai kesehatan jantung, bahaya merokok, stand pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan gula darah serta kolesterol, di stand-stand tersebut masyarakat dapat bekonsultasi dengan dokter dan pakar kesehatan mengenai penyakit kardiovaskular dan cara menanggulanginya.

Gaya hidup sehat akan menular ke lingkungan, negarabahkan dunia, sehingga akan tercipta dunia yang sehat bagi jantung. Healthy heart choice for everyone and everywhere. Sampai jumpa di World Heart Day 2016.

 


ARTICLE
Apa Komentar Anda ?

0 Komentar

Tidak ada data yang tersedia.