The Base-ACS Trial Result dalam HUT RSHS 88


19 Dec 2013, 11:05 Yogi Ramdani Dibaca : 82


THE BASE-ACS TRIAL RESULT dalam HUT RSHS 88
 
 Pada hari Kamis tanggal 18 November 2011 bagian/subdivisi Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Departemen Ilmu Penyakit Dalam kedatangan tamu dari bagian pusat jantung rumah sakit Katakunta, PORI, Finlandia, seorang profesor ahli jantung bernama Pasi Karjalainen yang bekerja di pusat jantung di rumah sakit tersebut dengan subspesialisasi intervensi. Pada kunjungan keduanya ke kota Bandung ini, beliau berkesempatan mengisi satu sesi ilmiah berjudul " The BASE-ACS TRIAL"  dan berkesempatan melakukan satu kali tindakan intervensi di laboratorium kateterisasi jantung RS Hasan Sadikin.
 
Pada acara ilmiah " The BASE-ACS Trial" yang menjadi bagian dari acara memperingati hari ulang tahun (HUT) Rumah Sakit Hasan Sadikin, Prof Pasi Karjalainen menyampaikan tentang hasil penelitian penggunaan stent yang dilapisi oleh titanium nitrit okside. Penelitian " The BASE-ACS Trial" adalah penelitian ini merupakan ongoing research yang membandingkan bioactive stent/BAS (Titan 2) dengan everolimus eluting stent/EES. Penelitian ini rencananya dilakukan terhadap 1000 subyek pasien dengan lesi di LAD. Pasien kemudian dirandomisasi 1:1 untuk mendapatkan TITAN2 (BAS) atau ScienceV (EES). Saat ini penelitian sudah berjalan 1 tahun dengan hasil non inferiority/non significance difference. Didapatkan data MACE dalam waktu satu tahun kedepan, Yang membanggakan dari penelitian ini adalah diikutsertakannya 19 pasien dari Indonesia (Bandung) kedalam subyek penelitian multi-senter tersebut.
 
Substudy dari penelitian ini adalah melihat gambaran OCT (Optical Coherence Tomography) pada pasien yang dipasang BAS dibandingkan EES.
 
 
 
Ibnu Adams
 
 

ARTICLE
Apa Komentar Anda ?

0 Komentar

Tidak ada data yang tersedia.